Adhya Tirta Batam Official Website

Pentingnya Belajar Hemat air Bersih

Artikel ini diambil dari www.atbbatam.com
Dipublikasikan Pada : 08-FEB-2018 19:02:41,   Dibaca : 620 kali
Keceriaan anak-anak TK Islam Darun Nizam Tiban terlihat saat berkunjung ke Instalasi Pengolahan Air IPA Mukakuning. Mereka mendapatkan kesempatan berkunjung dan belajar seputar air bersih dari ATB.

"Kegiatan seperti ini sangat berguna bagi anak-anak kami, mereka sangat senang karena bisa belajar tentang menghemat air bersih yang dikelola ATB," ujar Rini Mulyasari, Kepala Sekolah TK Islam Darun Nizam, Kamis (8/2).

Sekitar 80 anak, terlihat menikmati kunjungan edukasi. Didampingi oleh beberapa orang guru, anak-anak dikenalkan dengan area waduk atau dam Mukakuning yang airnya di olah ATB.  
 
"Anak-anak ini sumber air bakunya yang kemudian kita olah lagi untuk jadi air bersih," ujar Nana Juana tim produksi ATB menjelaskan.

Edukasi seputar hemat air dijelaskan secara langsung di lapangan, begitu juga dengan proses produksinya. Rombongan diajak secara bergantian untuk melihat bagaimana air tersebut diolah dengan bebeberapa tahapan produksi.  

"Air dari waduk belum bisa langsung digunakan, harus melalui proses terlebih dahulu, agar bebas dari bakteri. IPA Mukakuning ini mensuplai air untuk pelanggan di kawasan Batu Aji dan sekitarnya," ucap Nana.

Anak-anak juga dikenalkan dengan ketersediaan sumber air yang ada di Batam. Batam yang tidak memiliki sumber air yang memadai seperti mata air atau sungai, hanya mengandalkan curah hujan yang ditampung di lima waduk buatan.  

"Sumber air bersih di Batam ini hanya dari curah hujan yang turun, jadi sudah seharusnya kita bisa menghemat penggunaa air bersih yang ada," ucap Nana

Usai berkunjung ke lapangan anak-anak diajak menyaksikan video edukasi. Video yang berisi penjelasan seputar air bersih ATB dikemas dengan menarik.

Adanya program edukasi ini diharapkan bisa menambah pengetahuan anak-anak tentang pentingnya menjaga dan menghemat air bersih yang ada. (Corporate Communication ATB)