Adhya Tirta Batam Official Website

Bangun Kepedulian Ketanggap Daruratan di Lingkungan Kerja ATB

Artikel ini diambil dari www.atbbatam.com
Dipublikasikan Pada : 10-APR-2018 08:32:55,   Dibaca : 335 kali
Sebagai perusahaan penyedia air bersih, ATB tidak hanya fokus pada sisi pelayanan. ATB juga peduli dengan kondisi ketanggap daruratan disetiap area lokasi kerja. Termasuk lokasi kerja baru seperti kantor cabang pelayanan Tiban.  

Mewujutkan hal tersebut, ATB membekali seluruh karyawan yang ada disetiap kantor cabang pelayan Tiban, berupa pelatihan ketanggap daruratan pelatihan penanggulangan kebakaran (Fire Drill)

"Kegiatan ini untuk sama-sama membangun kepedulian ketanggap daruratan di area kerja, khususnya di kantor pelayanan Tiban ini, dari kegiatan ini dapat memberikan pemahaman kepada karyawan disini apabila terjadi kasus-kasus seperti ini sudah faham tidakan-tindakan yang harus dilakukan," jelas Roni Hartawan, QHSE Manager ATB akhir pekan lalu.   

Ronny menambahkan, pelaksanaan drill di kantor pelayanan cabang Tiban merupakan kegiatan drill pertama di tahun 2018. Selain itu, QHSE departement juga fokus melakukan ketanggap daruratan di area kerja baru.

"Setelah di Tiban, kita juga jadwalkan di kantor Bengkong nantinya," jelas Roni

Kegiatan ketanggap daruratan dilakukan sesuai dengan kebutuhan di masing-masing lokasi area kerja. Seperti area perkantoran dengan ketanggap daruratan kebakaran, penanganan kecelakaan kerja, hingga K3.

Begitu juga di area lapangan seperti Instalasi Pengolahan Air (IPA) ketanggap daruratan juga di berikan pelatihan tumpahan bahan kimia "Setiap area kerja di lingkungan ATB kita sesuaikan ketanggap daruratannya," tambah Roni    

Pelaksanaan ketanggap daruratan fire drill di Kantor cabang Tiban juga di skenariokan seperti kejadian kebakaran sesungguhya. Kegiatan simulasi ini juga melibatkan mobil pemadam kebakaran serta ambulance hingga adanya korban jiwa.    

Simulasi kebakaran yang melibatkan fire safety internal ATB serta tim dari P3K, dilihat dan dinilai apakah sudah sesuai dengan protokol ketanggap daruratan yang dimiliki.

"Pelaksanaan ketanggap daruratan kali ini berjalan cukup baik, respon dari personal di sini juga cukup baik. Begitu juga untuk kerjasama dengan pihak pemadam kebakaran dan juga dengan klinik provider juga berjalan dengan baik, meski ada beberapa hal yang perlu di perbaiki berkenaan dengan respon dan sarana k3 yang harus di lengkapi," ujar Roni menilai

Selain tim observer dan tim penilai turut hadir direksi ATB, Paul Bennett yang juga sebagai ketua safety komite ATB langsung memantau dan menilai pelaksanan fire drill di kantor pelayan  cabang Tiban.

"Tentunya hal ini jadi kegiatan positif dimana pihak direksi juga ikut terlibat dalam kegiatan yang berkaitan dengan keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungan ATB," jelas Ronni.

Dari kegiatan ketanggap daruratan ini diharapkan bisa membangun kepedulian dengan memberikan pemahaman kepada tim tanggap darurat kantor Tiban, apa yang harus dilakukan apabila terjadi kasus seperti ini.

"Pencapaian yang di akukan sekarang lebih dari yang diharapkan dan semua tim menjalankan skenario yang diberikan tim HSE dengan baik," jelas Roni

Ketanggap daruratan juga bagian dari persyaratan regulasi harus memastikan keselamatan kerja setiap karyawan didalam lingkungan ATB bisa bisa terkendali dengan baik. (Corporate Communication / Yusuf Riadi)