Pelanggan Kenali Penyebab Gangguan Suplai Air ATB

Artikel ini diambil dari www.atbbatam.com
Dipublikasikan Pada : 29-JUN-2018 13:59:47,   Dibaca : 940 kali
PT Adhya Tirta Batam sebagai perusahaan penyedia air bersih di Batam, memiliki kewajiban dan komitmen untuk dapat mendistribusikan air kepada pelanggan.

Namun di waktu-waktu tertentu aliran air bersih ke pelanggan kurang lancar, sehingga aktivitas sehari-hari sedikit terganggu.

???Gangguan aliran air ke pelanggan bisa disebabkan banyak faktor, mulai dari jam puncak pemakaian, kebocoran pipa hingga adanya pekerjaan proyek," jelas Enriqo Moreno, Corporate Communication Manager ATB, Jumat (29/6).

Gangguan suplai air bersih ATB yang terkadang dirasakan pelanggan bisa disebabkan adanya kebocoran pipa transmisi atau jaringan pipa distribusi ATB. Selain itu faktor jam puncak juga mempengaruhi mengecilnya aliran air bersih kepada pelanggan.

???Terjadinya kebocoran pipa ATB dapat menyebabkan gangguan suplai air bersih ke pelanggan. Petugas ATB terpaksa harus menghentikan suplai air sementara kepada pelanggan, agar perbaikan kebocoran dapat segera dilakukan,??? ujar Enriqo.

Dalam memperbaiki pipa yang bocor, terkadang petugas harus menunggu air surut terlebih dahulu agar perbaikan dapat dilakukan secara maksimal.

???Agar air tersebut surut, tentu saja petugas harus mematikan sementara suplai air yang akan mengalir ke pipa bocor tersebut,??? tambahnya.

Faktor lainnya yang mempengaruhi terganggunya suplai air bersih ke pelanggan adalah jam puncak pemakaian air.

Kondisi jam puncak pemakaian air ini biasanya terjadi pada jam-jam tertentu, saat banyak pelanggan menggunakan air pada waktu yang bersamaan. Aliran air yang biasanya mengalir deras akan mengecil, bahkan terkadang terhenti total selama beberapa saat.

"Jam puncak pemakaian juga di pengaruhi oleh wilayah pelanggan. Apalagi bila pelanggan tinggal di wilayah dengan lokasi yang lebih tinggi, pengaruh dari jam puncak pemakaian air akan terasa," ujar Enriqo.

Begitu juga saat adanya pekerjaan proyek seperti penambahan jaringan pipa dan infrastruktur lain agar pelayanan kepada pelanggan tetap handal.

???Terkadang saat akan menyambungkan pipa atau pekerjaan lain yang sejenis, petugas ATB juga harus menghentikan suplai air sementara kepada pelanggan, agar pekerjaan tersebut hasilnya lebih optimal,??? tutup Enriqo.

ATB mengimbau pelanggan untuk selalu menyediakan tampungan air dalam mengatasi kondisi gangguan suplai seperti ini. Fungsi dari tempat penampungan air ini cukup penting dalam menjaga ketersediaan air yang akan digunakan dalam kebutuhan rumah tangga sehari-hari. Setidaknya pelanggan terbantu saat alami gangguan suplai.

Khusus untuk pelanggan yang mengalami gangguan suplai air, total selama lebih dari 24 jam, dapat menghubungi ATB melalui call center di nomor 0778-467111. (Corpcomm)