Adhya Tirta Batam Official Website

Mengulik Strategi Sang Maestro ATB Batam Mengelola Air Bersih

Artikel ini diambil dari www.atbbatam.com
Dipublikasikan Pada : 01-OCT-2018 09:20:37,   Dibaca : 3004 kali
Profil PT Adhya Tirta Batam (ATB) sebagai perusahaan air terbaik di Indonesia memang tak terbantahkan. Melayani kebutuhan air bersih pulau Batam selama lebih dari dua dekade, ATB semakin percaya diri untuk berkomitmen memberikan layanan secara profesional dan berorientasi pada pengembangan penerapan teknologi terkini serta pelayanan prima.

Sederet pencapaian dan penghargaan atas kinerja ATB menunjukkan kredibilitas serta reputasi ATB dalam mengelola air bersih. Sebagai satu-satunya perusahaan yang dipercaya pemerintah untuk mengelola dan mendistibusikan air bersih di pulau Batam, ATB menjamin konsistensi mutu kualitas produk jasa dan layanannya. ATB juga membuktikan kredibilitasnya dengan sederet pencapaian penghargaan sepanjang menjalankan konsesi.

Jika merunut ke tahun-tahun sebelumnya, ATB sangat menyadari bahwa menjadi yang terbaik jauh lebih mudah daripada mempertahankan tetap berada di posisi sebagai yang terbaik. Terlihat dari upaya ATB yang terus melakukan inovasi dalam setiap kiprahnya menjalankan peran strategis dalam mengelola air bersih di Batam.

Tahun 2018, ATB membuktikan eksistensinya dengan meraih penghargaan dalam ajang Indonesia Marketeer Festival 2018 dengan menyabet tiga kategori penghargaan sekaligus yaitu Marketing Championship 2018 di Bidang Infrastruktur dan Utilities, Best of The Best Marketeer of The Year 2018 yang diraih oleh Ir. Benny Andrianto Antonius, MM dan Service Person of The Year Batam 2018 yang dianugerahkan kepada Maria Jacobus.

Tidak sampai disitu, tahun ini ATB juga mengukir prestasi gemilang dengan meraih penghargaan dalam ajang bergengsi tingkat nasional TOP BUMD 2018 dengan meraih TOP Perusahaan Air Minum 2018 dan TOP CEO Perusahaan Air Minum 2018.

???Kuncinya adalah ATB menjalankan strategi bisnis berbasis inovasi layanan dan teknologi dalam memberikan service excellence kepada pelanggan. Konsep Smart Water Company yang diterapkan ATB baik dalam sistem manajemen, teknologi, pembayaran hingga sumber daya manusia menjadikan ATB sebagai perusahaan operator air yang patut diperhitungkan???, ujar Maria Jacobus, Head of Corporate Secretary ATB, Jumat (28/9).

Kota industri seperti Batam misalnya, membutuhkan perusahaan air yang memiliki profesionalitas dan kehandalan teknologi seperti ATB. Cakupan pelayanan perusahaan air di Indonesia rata-rata baru mencapai 70% dengan tingkat kebocoran yang masih berada di angka 33-34%, sementara cakupan layanan ATB sudah melesat ke angka 99,5% dengan tingkat kebocoran yang hanya berada pada median 15%.

Berdasarkan parameter indikator yang dikeluarkan oleh Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM), ATB satu-satunya yang berhasil mencapai score range KPI 4,53-4,63 jauh melampaui PDAM lainnya. Itulah sebabnya mengapa perusahaan seperti ATB sangat dibutuhkan di Indonesia.

Menjaga reputasi perusahaan juga menjadi perhatian utama ATB. meski berstatus perusahaan swasta, ATB tidak mementingkan laba semata. ATB berperan aktif dalam berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR) sejak 2010.

Mulai dari program ATB Peduli Lingkungan dengan penanaman bibit pohon, ATB Peduli Kesehatan melalui kegiatan donor darah, ATB Peduli Olahraga dengan penyelenggaraan ATB Futsal Championship, ATB Peduli Pendidikan lewat School Campaign, Lomba Cerdas Cermat, Kreasi Jingle ATB serta Beasiswa Prestasi hingga ATB Peduli Sosial melalui serangkaian kegiatan pemberian bantuan hewan kurban, sembako untuk dhuafa dan bantuan mustahiq.

Merujuk pada seluruh pencapaian dan kinerja ATB, memang sepantasnya ATB menjadi benchmark bagi perusahaan air di Indonesia. ATB menjadi acuan standar nasional bahkan skala internasional untuk studi bidang industri pengelolaan air. Maestro dalam hal teknologi inovatif dan beragam pilihan layanan pelanggan, ATB memang tidak tergantikan dalam mendukung kemajuan pengelolaan air se-Indonesia.(Corporate Secretary)