Berwisata Edukasi ke ATB Siswa SMP IT Ulil Albab Dapat Wawasan Baru

Artikel ini diambil dari www.atbbatam.com
Dipublikasikan Pada : 08-NOV-2018 16:24:16,   Dibaca : 191 kali
Selain mengolah serta mendistribusikan air bersih bagi pelanggan ATB di pulau Batam, ATB memberikan kesempatan kepada siswa sekolah untuk berkunjung ke Instalasi Pengolahan Air (IPA). Setiap bulannya ATB mendapat kunjungan maksimal empat kali dari berbagai level sekolah di Batam

Seperti siswa-siswi dari SMP Islam Terpadu (IT) Ulil Albab Tiban saat melakukan kunjungan edukasi ke IPA ATB di Mukakuning, Kamis (8/11). Sejumlah murid-murid didampingi beberapa orang guru terlihat antusias saat masuk ke area pengolahan air ATB.

"Pelayanan ATB sangat bagus, kami tidak menyangka pelayanan ATB sudah moderen, ini pengalaman pertama kami berkunjung langsung ke ATB," jelas Afifa seorang siswi SMP IT Ulil Albab  
    
Puluhan siswa semakin bersemangat saat diajak berkeliling dan melihat proses air bersih yang dilakukan ATB. Selama dilapangan siswa mendapat panduan dari petugas Produksi ATB dan memperkenalkan tahapan-tahapan pengolahan air.

"Air dari waduk dibawah ini dipompakan ke atas melalui bangunan intake, selanjutnya akan masuk ke area aerator, proses sedimentasi atau pengendapan sampai nanti ke proses filtrasi atau penyaringan," ujar Nana Juana tim Produksi ATB Mukakuning.   

Kunjungan edukasi tidak hanya sebatas pengenalan proses pengolahan air bersih ATB di lapangan. Siswa diberikan pengenalan edukasi seputar air bersih yang dikemas dengan informasi yang mudah dipahami. Termasuk menanamkan pentingnya menjaga sumber air yang tersedia saat ini.

"Sumber air (air yang ditampung dalam waduk) di Batam jumlahnya sangat terbatas, hanya mengandalkan curah hujan. Kesempatan ini kita semua bisa jadi generasi muda yang peduli dengan kelestarian lingkungan agar keberadaan waduk bisa terus terjaga," jelas Ikhwan tim Edukasi ATB.

Interaksi seputar ATB juga tersaji selama kunjungan berlangsung, sejumlah siswa juga diberikan kesempatan untuk tampil dihadapan teman-temannya untuk berbagi cerita seputar pengalaman yang telah dirasakan saat berkunjung ke ATB.

Sementara Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum SMP IT Ulil Albab mengatakan, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada tim ATB yang telah memfasilitasi kunjungan edukasi. Dengan berkunjung langsung siswa diharapkan bisa lebih memahami dan peduli penggunaan air bersih  

"Kunjungan edukasi yang disiapkan ATB diharapkan bisa memberikan manfaat bagi siswa sekolah, ini pembelajaran yang baik bagi siswa kami. Banyak pelajaran yang bisa kita ambil seputar penggunaan air bersih secara bijak," ujar Andi Abdurahman.         

Diharapkan kunjungan edukasi ke siswa sekolah ini bisa sebagai bahan pelajaran bagi setiap siswa. Mengingat air bersih yang digunakan sehari hari sangat penting dijaga dengan cara menghemat penggunaan air bersih.  (Corporate Secretary)