Adhya Tirta Batam Official Website

Bagaimana Cara Menghitung Tagihan Air ATB?

Artikel ini diambil dari www.atbbatam.com
Dipublikasikan Pada : 09-AUG-2019 11:39:28,   Dibaca : 63305 kali
Bagaimana Cara Menghitung Tagihan Air ATB?

Pelanggan ATB, anda bisa menghitung sendiri tagihan air bulanan anda. Dengan demikian anda bisa memastikan, bahwa tagihan yang anda bayarkan setiap bulannya sudah sesuai dengan pemakaian air anda setiap bulannya.

Tapi, bagaimana cara menghitung tagihan air?    
Caranya cukup mudah. Pelanggan hanya perlu mengkalkulasikan jumlah air yang dipakai dengan harga yang sudah ditentukan berdasarkan tarif yang berlaku saat ini, sesuai dengan Peraturan Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam No 7 Tahun 2011.

Berikut cara mudah menghitung tagihan air bulanan anda:

1. Hitung Pemakaian di Meteran Air

Untuk mendapatkan jumlah pemakaian air bulanan, anda bisa melihat langsung di meteran air anda. Indeks Meter terdiri dari dua warna, yaitu hitam dan merah. Warna hitam menunjukan satuan meter kubik (m3), digunakan sebagai dasar perhitungan tagihan. Sedangkan warna merah menunjukan satuan per sepeluh meter kubik.

Anda cukup membaca angka berwarna hitam. Bandingkan angka terbaru, dengan angka  yang tertera pada bulan sebelumnya. Selisih dari angka terbaru dengan bulan sebelumnya merupakan total penggunaan air anda dalam sebulan.

2. Kalikan Penggunaan Dengan Tarif Sesuai Golongan

Tarif yang ditentukan berbeda untuk setiap kubikasi dan klasifikasi (tarif progresif). Contoh untuk penghitungan golongan Rumah Tangga A (2C), ditetapkan Rp 2.000 untuk pemakaian air 0-10 m3, Rp 2.530 untuk pemakaian 11-20 m3, dikali Rp 5.650 untuk pemakaian 21-30 m3, dikali Rp 8.425 untuk pemakaian lebih dari 31-40 m3, dan Rp 9.750 untuk pemakaian di atas 40 m3.

Bila pelanggan menggunakan air sebanyak 20 meter kubik (m3) selama satu bulan, maka cara menghitung biaya pemakaian adalah : Rp2.000x10 m3 (10 kubik pertama) = Rp20.000, Rp2.530x10 m3 (10 kubik kedua) = Rp25.300. Total biaya adalah Rp45.300.

3. Tambahkan Dengan Biaya Faktur dan Pemeliharaan Meter Air

Setelah menjumlahkan setiap kubik air yang digunakan, pelanggan tinggal menambahkan biaya faktur/administrasi sebesar Rp3.000 dan biaya pemeliharaan meter air. Biaya pemeliharaan meter air berbeda untuk setiap ukuran diameter meter air, maupun untuk setiap golongan pelanggan ATB.


4. Biaya Tambahan Bila Menunggak

Bila ada tunggakan, pada tagihan tersebut akan ditambahkan lagi denda sesuai ketentuan yang sudah ditetapkan. Pemakaian air dengan jumlah yang sama, tagihannya akan berbeda bila pelanggan memiliki golongan atau klasifikasi yang berbeda. Golongan Niaga, Industri, Pelabuhan Laut dan Udara pasti akan membayar lebih tinggi dibanding Golongan Rumah Tangga A.