Adhya Tirta Batam Official Website

Donor Darah ATB Sumbangkan 3.554 Kantong Darah untuk Kehidupan

Artikel ini diambil dari www.atbbatam.com
Dipublikasikan Pada : 18-DEC-2019 18:41:04,   Dibaca : 347 kali
BATAM - Donor darah yang digelar PT Adhya Tirta Batam (ATB) bersama Palang Merah Indonesia (PMI) dan Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Batam berhasil mengumpulkan 139 kantong darah. Darah yang terkumpul untuk memenuhi kebutuhan stok darah melalui PMI.

Donor darah ATB digelar bertepatan dengan HUT Kota Batam ke 190 tahun, Rabu (18/12). Bertempat di Mall Pelayanan Publik (MPP) sejumlah pendonor memadati area lokasi donor darah.

"ATB secara rutin menggelar 3 kali kegiatan Donor darah dalam satu tahun. Hal ini dilakukan agar ketersediaan darah di PMI bisa selalu tersedia. Kantong darah yang terkumpul diserahkan ke PMI untuk dimanfaatkan oleh masyarakat yang membutuhkan," ujar Engineering Director ATB, Paul Bennett   

Paul Bennett menambahkan, ATB telah melaksanakan kegiatan donor darah sebagai bagian dari program CSR Peduli Kesehatan sejak 2010 silam. Pelaksanaan Donor darah ATB selalu mendapat apresiasi dari berbagai pihak termasuk dari PMI.

"ATB terus memberikan kontribusi nyata secara langsung ke masyarakat, dibidang kesehatan melalui donor darah. Sampai saat ini total kantong darah yang dikumpulkan telah mencapai 3.554 kantong darah," ucapnya.

Pendonor memadati area MPP untuk melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum mendonorkan darah. Dibuka sejak pukul 09.00-15.00 WIB sebanyak 242 pendaftar ingin menyumbangkan darahnya, namun tidak semua berhasil menyumbangkan darah dengan alasan kondisi kesehatan.

Calon pendonor datang dari berbagai latar belakang. Mulai dari mahasiswa, pegawai di lingkungan MPP, pegawai swasta, Polisi hingga TNI Angkatan Darat.

"Saya bangga dan senang bisa berdonor darah bersama ATB, dengan berdonor sekaligus membantu masyarakat yang membutuhkan kantong darah. Kegiatan seperti ini bermanfaat untuk diikuti," ucap  
Iptu Sungkono perwakilan dari Polresta Barelang.

Selain mengumpulkan darah, ATB terus menerus mencoba meningkatkan empati terhadap sesama manusia melalui kegiatan donor darah ini. Penyelenggaraan donor darah tidak di pusatkan di area kantor ATB, namun di tempat-tempat strategis yang bisa diakses oleh masyarakat dengan mudah.

"Biasanya kita adakan di lingkungan ATB, beberapa tahun belakangan kita adakan diluar. Supaya memberikan kesempatan pada banyak pihak agar bisa ikut donor darah," tambah Paul Bennett.

Lebih dari itu darah yang disumbangkan melalui program ini bisa menyelamatkan nyawa yang tengah membutuhkan. Mengingat kebutuhan kantong darah yang berasal dari PMI cukup tinggi.

Kantong darah yang ada di PMI juga tak bisa disimpan terlalu lama, paling lama Darah yang telah terkumpul hanya bisa disimpan selama 35 hari untuk dapat dipergunakan kepada pasien yang membutuhkan.

"PMI Batam setiap bulannya menyalurkan 800 hingga 1.000 kantong darah untuk kebutuhan pasien di seluruh rumah sakit di Batam," ucap Asmin Patros Wakil Ketua PMI Batam

Kegiatan sosial dari ATB diharapkan bisa terus dilaksanakan. Bahkan semakin banyak perusahaan atau instansi menggelar kegiatan donor darah, dapat memudahkan pasien untuk mendapatkan stok darah. (Corporate Secretary / Yusuf Riadi)