Adhya Tirta Batam Official Website

Visi dan Komitmen, Kunci Utama Meraih Sukses

Artikel ini diambil dari www.atbbatam.com
Dipublikasikan Pada : 13-JAN-2020 22:36:35,   Dibaca : 1973 kali
"Anda harus membuat tim Anda memiliki Nilai, Inovasi, dan Visi," Jack Ma

Beberapa edisi yang lalu sempat saya bahas tentang "Visi tanpa aksi adalah mimpi". Kali ini saya akan bahas seberapa penting Visi bagi perusahaan, dan bagaimana seharusnya Visi sebuah perusahaan, agar membuat perusahaan menjadi sukses dan eksis.

Ciri khas perusahaan yang sukses pasti punya tujuan yang jelas, yang dimanifestasikan dalam pernyataan visi yang jelas. Tidak ngambang. Pernyataan visi ini biasanya didesain dengan sangat serius. Bukan hanya asal sekedar jadi.

Mari kita lihat perusahaan raksasa global, Samsung. Apa visinya?

"Menginspirasi dunia dengan teknologi, produk, dan desain inovatif kami, memperkaya kehidupan masyarakat dan berkontribusi bagi kesejahteraan sosial dengan menciptakan masa depan yang baru" Visi ini memiliki beberapa kata kunci seperti Inspirasi Teknologi, Inovatif Design, kontribusi kesejateraan dan masa depan baru.

Visi ini memotivasi Samsung, sehingga perusahaan secara terus menerus melakukan inovasi dengan temuan-temuan. Bekerja keras, untuk terus menjadi inspitator teknologi inovatif dan mampu membuat gaya hidup baru di masa depan.

Apakah berhasil? Mari kita tinjau.

Samsung dan Apple. Corp telah bersaing ketat sejak dulu. Keduanya berlomba-lomba melakukan inovasi teknologi.  Samsung sebagai perusahaan yang terhitung baru dibidang teknologi harus mengakui keunggulan inovasi dan terobosan yang dilakukan oleh Apple. Dimasa lalu memang kita melihat design Apple sangat luar biasa halus dan cantik. Tapi itu dulu.!

Sekarang yang terjadi adalah sebaliknya, kita banyak melihat Samsung lebih maju dan lebih inovatif baik dari sisi design, maupun kecanggihan teknologi. Samsung sudah mulai meluncurkan Galaxy Fold, ketika apple masih bertahan dengan Lollypop designnya.

Apalagi kalau bicara teknologi yang dicangkokkan oleh Apple. Banyak yang telah diaplikasikan oleh Samsung dimasa lalu dan baru dipakai

Apple saat ini. Samsung telah menginspirasi banyak pihak dan bukan hanya Apple.
Inilah dampak dari sebuah Visi. Mengubah positioning dan mind set setiap insan yang ada. Termasuk strategi perusahaan.

Kita lihat perusahaan lain yang memiliki visi yang tegas dan jelas. Kali ini kita ambil contoh perusahaan dalam negeri saja. Indofood misalnya. Visinya adalah "Total Food Solution". Solusi total makanan. Artinya, Indofood mau menjadi perusahaan yang menjadi solusi bagi kebutuhan pangan.

Apa yang terjadi?

Sejak pernyataan visi ini dibuat dan dideklarasikan oleh Indofood, perusahaan menunjukan komitmen yang kuat untuk mengembangkan perusaaan ke arah visi tersebut.

Kita bisa melihat, bagaimana saat ini Indofood merajai hampir semua industri makanan. Yang paling terkenal adalah Indomie, yang telah mendunia. Kita hampir tak pernah bicara mie instan lain selain Indomie. Kita bisa memilih berbagai macam varian rasa. Itu namanya total food solution. Kini, Indomie menjadi penguasa pasar.

Perusahaan yang berhasil adalah perusahaan yang memiliki visi yang jelas, dan memiliki komitmen untuk mencapai visi tersebut dengan sepenuh hati. Tanpa itu, tidak mungkin perusahaan tersebut berhasil.

Sebuah perusahaan yang tak memiliki visi, maka dia seperti kapal yang berlayar tanpa tujuan. Sehingga tak mungkin dia bisa mencapai tujuan, karena memang tujuannya tak ada. Visi menjadi goal dan tujuan utama bagi perusahaan untuk bisa menjadi apa yang dia i