Adhya Tirta Batam Official Website

Kelola Air dengan Profesional, Kunci Penting Pembangunan Kota Batam

Artikel ini diambil dari www.atbbatam.com
Dipublikasikan Pada : 14-FEB-2020 10:19:09,   Dibaca : 276 kali
BATAM - Pengelolaan utilitas yang profesional turut menjadi kontributor dalam pembangunan kota yang maju. Baik dari segi pembangunan ekonomi, pembangunan infrastruktur, hingga sumber daya manusia.
 
PT. Adhya Tirta Batam (ATB) sebagai pengelola utilitas air bersih di Kota Batam juga turut mengambil perannya dalam hal pembangunan kota ini, dengan cara peningkatan efektifitas, efisiensi dan profesionalitas pelayanan.
 
"Pengelolaan profesional jadi kunci utama pelayanan ATB. Kami mengemasnya dalam pelayanan air yang berkualitas, efektif dan efisien. Semua dihadirkan untuk mendukung pembangunan Batam dari melalui ketersediaan air bersih," ujar Maria Jacobus, Head of Corporate Secretary ATB, Rabu (12/2).
 
Dalam hal pembangunan manusia, ATB turut berkontribusi membangun masyarakat sehat. Semua jenis kehidupan sangat tergantung pada air untuk tetap hidup dan berkembang. Tiga per empat bumi dapat dipastikan terdiri dari air, sama seperti tubuh manusia 55% - 78% terdiri dari air.
 
Kehidupan dan kualitas hidup manusia sangat bergantung dari kualitas air yang digunakan. Air yang baik dan sehat akan membuat tubuh juga sehat. Demikian juga dapat membuat ekosistem tetap sehat dan terjaga.
 
Dedikasi dalam membangun pengelolaan air bersih yang andal tidak dilalui dengan mudah. ATB Membangun sistem terintegrasi dimulai dari titik dasar, karena sifatnya Customized, Comprehensive, dan terus menerus disempurnakan.
 
"ATB telah merancang sejak 10 tahun silam. Inovasi tanpa henti terus ditunjukan ATB, melalui pemanfaatan teknologi terkini yang diaplikasikan dalam pengelolaan air bersih," lanjut Maria.
 
Apa yang jadi keunggulan ATB sehingga profesional mengelola air di Batam? salah satunya membangun sistem Supervisory Control And Data Acquisition (SCADA) terintegrasi.
 
SCADA terintegrasi yang di bangun ATB sebuah sistem kendali berbasis komputer sehingga dapat mengontrol serta mengetahui informasi lebih rinci secara real time mulai dari produksi, distribusi, hingga kontrol kebocoran dalam satu layar. Melalui sistem terintegrasi ini efisiensi dalam mengelola air bersih akan tercapai.
 
"Lebih dari itu, informasi pelanggan juga kami petakan secara detil. Analisa Big Data juga kami lakukan. Dengan demikian, ATB tidak hanya bisa bereaksi setelah sebuah masalah terjadi, bahkan kami bisa mendektesi masalah sebelum terjadi," ungkap Maria.
 
Inovasi yang lahir dari kreatifitas Sumber Daya Manusia (SDM) internal ATB yang berkualitas, telah menjelma menjadi tolok ukur bagi banyak perusahaan sebagai perusahaan pengelolaan air terbaik di Indonesia.
 
ATB bahkan jadi rujukan untuk studi banding bagi sejumlah Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), termasuk perusahaan dari luar negeri. Kinerja ATB yang telah terbukti, jadi acuan dalam mengelola air bersih.
 
"Hampir semua daerah datang ke ATB termasuk dari berbagai negara untuk mengetahui dan belajar mengelola air dengan baik, seperti yang ATB jalankan," jelas Maria.
 
Sampai dititik menjelang 25 tahun mengelola air di Batam, ATB tetap menunjukan performa yang moncer dan profesional. ATB tetap berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan.
 
"Tak mudah membangun kepercayaan pelanggan dengan memberikan kualitas pelayanan yang prima. ATB sebagai bagian dari aset dari pulau Batam, terus berkomitmen memberikan yang terbaik bagi masyarakat Batam," ujar Maria.
&nbs