Sun, 19 Nov 2017
Selamat Datang di Website PT. Adhya Tirta Batam (ATB)
Bayarlah tagihan anda sebelum tanggal 20 setiap bulannya untuk menghindari terkena denda tunggakan

Info Grafis

Tera Ulang Meter Air Milik ATB adalah Sebuah Kewajiban

Dipublikasikan Pada : 07-JUL-2017 ,   Dibaca : 1008 kali

BATAM - Sebagai bentuk komitmen untuk memberikan pelayanan perhitungan meter air yang terpercaya, PT Adhya Tirta Batam secara berkala dan rutin melakukan tera ulang meter air baik yang ada di rumah pelanggan maupun yang akan digunakan.

Hal ini sesuai dengan Undang-Undang no 2 tahun 1981 tentang Metrologi Legal, selanjutnya di dalam PP nomer 2 tahun 1985 tentang wajib dan pembebasan untuk Ditera dan/atau Ditera ulang serta syarat-syarat bagi alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya.

sebagaimana diketahui, pengertian kalibrasi menurut ISO/IEC Guide 17025:2005 dan Vocabulary of International Metrology (VIM) adalah serangkaian kegiatan yang membentuk hubungan antara nilai yang ditunjukkan oleh instrumen ukur atau sistem pengukuran, atau nilai yang diwakili oleh bahan ukur, dengan nilai-nilai yang sudah diketahui yang berkaitan dari besaran yang diukur dalam kondisi tertentu.

Pengertian menera (Tera) menurut UU no 2 tahun 1981 pasal 1.q ialah hal menandai dengan tanda tera sah atau tanda tera batal yang berlaku, atau memberikan keterangan-keterangan tertulis yang bertanda tera sah atau tanda tera batal yang berlaku, dilakukan oleh pegawai-pegawai yang berhak melakukannya berdasarkan pengujian yang dijalankan atas alat-alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya yang belum dipakai.

Untuk proses tera ulang meteran yang dilakukan oleh ATB, dilakukan di Laboratorium kalibrasi milik perusahaan air bersih terbesar di Batam bersama pihak Metrologi Batam.

Yang ditujukan agar meteran pelanggan tetap handal dalam melakukan pembacaan jumlah air yang digunakan. Untuk itu setiap lima tahun meteran pelanggan diganti dan ditera ulang kembali.

Sebelum dilakukan tera ulang, pihak lab tera ulang terlebih dahulu melakukan pengecekan secara keseluruhan kondisi meteran yang ada.

Masing-masing meteran dipisahkan antara yang masih layak atau yang tidak layak apabila tidak layak akan langsung di scrap.

Apabila meteran pelanggan dinyatakan layak akan diberi tanda khusus untuk dikalibrasi ulang, selanjutnya akan di lakukan test secara keseluruhan mulai dari tes kebocoran, pencucian, pengecatan (painting), penggantian part, proses leak dan pressure test kemudian dilakukan kalibrasi di lab tera ulang.(*)


Copyright © 2016 Adhya Tirta Batam. All Rights Reserved. Situs didesain oleh Internal Developer PT. Adhya Tirta Batam