Fri, 24 Nov 2017
Selamat Datang di Website PT. Adhya Tirta Batam (ATB)
Bayarlah tagihan anda sebelum tanggal 20 setiap bulannya untuk menghindari terkena denda tunggakan

Info Grafis

Apa Peran SCADA dalam Operasional ATB Pak?

Dipublikasikan Pada : 01-AUG-2017 ,   Dibaca : 771 kali

* Pelajar SMP Mondial Kunjungi Instalasi Pengolahan Air ATB

BATAM - Sejumlah pertanyaan cerdas nan kritis terlontar dari mulut pelajar SMP Mondial Batam saat berkunjung ke Instalasi Pengolahan Air (IPA) Mukakuning PT Adhya Tirta Batam (ATB) pada Selasa(1/8/2017) siang.

Kehadiran mereka ke IPA Mukakuning tersebut, terbilang disengaja guna mendapatkan informasi sekaligus melihat secara langsung proses pengelolan air yang dilakukan oleh ATB, mulai dari prosesnya hingga ke rumah pelanggan.

"Apa itu SCADA dan bagaimana cara operasionalnya pak?," tanya seorang pelajar kepada

Menanggapi hal tersebut, Estiyudo Listyadi, Manager Produksi ATB yang memberikan pemaparan langsung memberikan penjelasan secara jelas dan lugas.

"SCADA itu adalah kepanjangan dari Supervisory Control And Data Acquisition. Dan merupakan alat yang berfungsi untuk memonitor atau melakukan pemantauan dalam proses Distribusi hingga pemantauan kebocoran air. Sistim ini juga sudah terintegrasi antara produksi, NRW dan distribusi," jelas Estiyudo.


Ia juga mengatakan SCADA yang dimiliki ATB merupakan satu-satunya alat dan sistem yang dimiliki oleh perusahaan air di Indonesia yang sudah terintegrasi.

Mendengar penjelas tersebut, pelajar lainnya langsung mengacungkan tangan ke atas dan mengajukan pertanyaan yang sebelumnya sudah disiapkan. "Kenapa dengan klorin bakteri dan kuman-kuman di air bisa mati Pak?,"tanya lagi. Dengan sabar, Estiyudi pun kembali memberikan penjelasan.

`Jual-beli` pertanyaan dan jawaban pun terus berlanjut. Bahkan saat penayangan film terkait proses pengolahan air yang dibawakan oleh Mr Blublu, sejumlah pelajar kembali mendekati Estiyudo sambil berbisik.

Menanggapi hal tersebut, Jhontri, salah satu guru yang yang menemani para pelajar mengaku cukup tersanjung dan senang bisa diterima secara langsung oleh managemen ATB sehingga anak didiknya bisa mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat, khususnya dalam hal pengelolaan air bersih.

"Kami ucapkan terima kasih kepada managemen ATB yang sudah memberikan kesempatan kepada kami dan palajar dari SMP Mondial, khusunya kelas 1 ini uuntuk mendapatkan ilmu dan informasi terkait pengelolaan air yang dilakukan oleh ATB. Kami berharap kunjungan selanjutnya dengan pelajar yang lainnya bisa diterima kembali. Terima kasih ATB,"jelasnya. (Corporate Communication ATB/Iman Suryanto)


Copyright © 2016 Adhya Tirta Batam. All Rights Reserved. Situs didesain oleh Internal Developer PT. Adhya Tirta Batam