Sun, 19 Nov 2017
Selamat Datang di Website PT. Adhya Tirta Batam (ATB)
Bayarlah tagihan anda sebelum tanggal 20 setiap bulannya untuk menghindari terkena denda tunggakan

Info Grafis

Tiga Hal Ini Jadi Penyebab Air dari ATB ke Pelanggan Keruh. Begini Cara Mengatasinya

Dipublikasikan Pada : 03-JAN-2017 ,   Dibaca : 719 kali

Guna memberikan yang terbaik bagi pelanggannya, PT Adhya Tirta Batam (ATB), menyediakan air bersih yang sesuai dengan dengan standar yang sudah ditentukan oleh World Health Organization (WHO) dan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes).

Terkadang, suplai air bersih yang diterima oleh pelanggan keruh dan tidak jernih seperti biasanya. Lalu yang menjadi pertanyaan adalah, KENAPA SAMPAI HAL TERSEBUT BISA TERJADI?

Begini penjelasannya, kondisi air keruh yagn diterima oleh pelanggan ATB bisa disebabkan oleh beberapa hal. Diantaranya adanya gangguan pada Instalasi pengolahan air (IPA)-nya, usia pipa yang ada di dalam jaringan rumah pelanggan hingga terjadi Turbelensi air. Berikut penjelasannya.

1. Gangguan pada Instalasi Pengolahan Air

Kondisi air keruh yang disebabkan oleh adanya pekerjaan pada pipa transmisi utama terkadang terjadi.

Dan hal ini disebabkan oleh adanya pekerjaan pada pipa distribusi. Dimana secara berkala ATB selalu membersihkan jaringan pipa agar kualitas air dari ATB ke pelanggan tetap terjaga.

Namun terkadang proses pemeliharaan pipa tersebut, menyisakan lumpur yang membuat air sedikit keruh. Kondisi air keruh ini, umumnya hanya berlangsung sementara, setelah beberapa saat air akan kembali jernih.

Kita hanya perlu mengalirkan air sisa proses pembersihan tersebut sementara waktu hingga akhirnya jernih.

2. Usia Pipa di jaringan dalam rumah pelanggan

Selain sisa pembersihan pipa, air keruh juga dapat disebabkan oleh pipa jaringan dalam pelanggan.  Pipa pelanggan yang sudah termakan usia dan tidak sesuai peruntukan bisa menjadi salah satu penyebab air ATB yang diterima pelanggan keruh.

3. Turbelensi Air

Selain itu, kondisi turbulensi atau tekanan air tinggi juga menjadi salah satu penyebab kualitas air ATB yang diterima pelanggan menurun. Turbulensi terjadi saat air mulai mengalir usai terjadinya gangguan suplai akibat gangguan listrik atau lainnya, terkadang ada sisa kotoran di pipa yang ikut terbawa.

Terjadinya turbulensi dikarenakan pada saat pertama kali mengalir, tekanan air di pipa cukup tinggi sehingga sisa-sisa kotoran yang ada di pipa ikut terbawa, hal ini hanya bersifat sementara waktu.

Umumnya air keruh hanya berlangsung sementara, apabila air keruh dalam waktu yang cukup lama, pelanggan dapat melaporkan ke ATB melalui call centre 0778-467111 ataupun melalui media sosial ATB seperti Facebook ATB Batam atau Twitter @atbbatam.

Dapatkan pula berbagai informasi mengenai ATB dengan menginstall ATB Mobile App melalui playstore android.(*)


Copyright © 2016 Adhya Tirta Batam. All Rights Reserved. Situs didesain oleh Internal Developer PT. Adhya Tirta Batam