Fri, 24 Nov 2017
Selamat Datang di Website PT. Adhya Tirta Batam (ATB)
Bayarlah tagihan anda sebelum tanggal 20 setiap bulannya untuk menghindari terkena denda tunggakan

Info Grafis

Kembangkan Pelayanan Prima untuk pelanggan ATB

Dipublikasikan Pada : 04-SEP-2017 08:47:55,   Dibaca : 1120 kali

Dalam sebuah dunia usaha, pastinya tidak pernah lepas dari adanya dua faktor penting dalam prinsip ekonomi. Yakni adanya penjual dan pembeli yang melakukan sebuah transaksi. Efek berantai pun terus bergulir dari hulu hingga ke hilir setiap harinya.

Namun demikian, konsep utama dari sebuah bisnis bukan hanya sekedar mengejar keuntungan semata saja. Akan tetapi lebih kepada bagaimana memberikan Value atau Nilai yang berharga dimata end user dari bisnis yang tak lain adalah pelanggan.

Oleh karena itu, kepuasan pelanggan menjadi salah satu alasan dan tujuan utama dari berdirinya sebuah perusahaan. Kepuasan disini, bisa terpenuhi melalui sebuah layanan jangka panjang yang pada akhirnya menjadikan sebuah pengalaman, sehingga dapat membantu sebuah eksistensi.

Layanan yang dimaksud meliputi persembahan produk yang berkualitas hingga pelayanan menyeluruh dari awal hingga akhir proses yang berkelanjutan. Hal ini juga yang melatarbelakangi berdirinya perusahaan air bersih di Batam ini, PT Adhya Tirta Batam (ATB).

Manager Customer Care ATB Batam Maria Y Jacobus mengatakan, dalam memberikan pelayanan, ATB selalu menempatkan pelanggan sebagai prioritas. Hal ini disebabkan, sebagai perusahaan pelayanan publik, pelanggan adalah pilar utama.

Para pelanggan ini, tidak saja berasal dari eksternal ATB saja. Akan tetapi juga pelanggan internal yaitu karyawan ATB itu sendiri. Dan kepuasan pelanggan bisa tercapai jika pelanggan internal yaitu sumberdaya manusia (SDM) memiliki skill dan kompetensi yang baik.

"Sehingga keseimbangan dalam pemenuhan harapan dan kebutuhan pelanggan dapat terpenuhi. Kedua pelanggan inilah fokus bagi ATB untuk bisa bersinergi dengan baik,??? jelas Maria.

Maria juga mengatakan ATB terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan melalui pengembangan pengetahuan dan peningkatan kemampuan SDM, mengembangkan inovasi teknologi dan menyusun program-program terkait, sehingga bisa meningkatkan kepuasan pelanggan untuk mencapai service excellent.

Hal ini bisa dilihat dari adanya pelatihan yang diberikan guna menimbulkan kualitas produksi dan distribusi yang lebih baik, pengembangan teknologi, kemudahan akses melalui pembukaan kantor cabang, kecepatan informasi melalui media sosial hingga even dan kegiatan CSR yang semuanya merupakan implementasi dari upaya meningkatkan kualitas pelayanan.

"Dari sisi teknis, ATB terus melakukan investasi yang berkesinambungan agar layanan pasokan air bersih dan jangkauan layanannya semakin luas," tambahnya.

Sebagai perusahaan air bersih di Indonesia sekaligus telah menjadi Benchmarking bagi perusahaan lain, jelas Maria lagi, ATB sudah cukup mumpuni dan teruji kualitasnya.

Namun seiring perkembangan dan tuntutan kebutuhan dan harapan pelanggan, tidak membuat ATB secara langsung terlena dan berpuas diri akan pencapaian yang telah diraih.

Akan tetapi harus terus mengembangkan diri, sehingga bernilai jual bagi perusahaan. Apalagi tahun-tahun ini adalah tahun Professionalism Competency bagi Customer Care.

"Kita berkomitmen memberikan pelayanan prima sesuai standarisasi layanan yang telah ditetapkan kepada pelanggan. Dimulai dari staf yang berada di lini terdepan seperti Greeter, Frontliner dan Agent Call Centre sampai mereka yang berada di balik layar pelayanan. Untuk mendukung hal ini, Customer Care ATB juga telah membentuk section Service Quality yang bertugas mengembangkan, memonitoring dan mengevaluasi terkait kinerja pelayanan dan kepuasan pelanggan,"terangnya.(Corporate Communication ATB/Iman Suryanto)


Copyright © 2016 Adhya Tirta Batam. All Rights Reserved. Situs didesain oleh Internal Developer PT. Adhya Tirta Batam