Sun, 19 Nov 2017
Selamat Datang di Website PT. Adhya Tirta Batam (ATB)
Bayarlah tagihan anda sebelum tanggal 20 setiap bulannya untuk menghindari terkena denda tunggakan

Info Grafis

Siswa Penasaran Proses Pengolahan air di ATB

Dipublikasikan Pada : 29-SEP-2017 ,   Dibaca : 606 kali

BATAM - Sejumlah siswa-siswi SD Kristen Basic gelombang kedua kembali memadati area Instalasi Pengolahan Air (IPA) Mukakuning Kamis (28/9). Siswa kelas lima ini mendapatkan wawasan baru tentang proses pengolahan air bersih yang di lakukan ATB untuk melayani masyarakat Batam.    

Antusias siswa SD tersebut terlihat saat diajak dengan pengenalan waduk yang ada di Mukakuning saat memulai awal field trip. Rasa penasaran setiap siswa dengan proses produksi air di ATB terjawab oleh penjelasan tim produksi ATB, Nana Juana. Secara umum, Nana memberikan informasi-informasi singkat bagaimana ATB mengolah air sampai bisa di alirkan ke rumah pelanggan. 

"Anak-anak selama kunjungan di IPA Mukakuning diperhatikan dengan baik ya, agar kita bisa mengetahui proses pengolahan air yang kita gunakan sehari-hari dirumah," jelas salah seorang guru yang ikut mendampingi field trip ke ATB, Kamis (28/9).
 
Setelah mengetahui proses awal produksi di area waduk, sekitar 100 murid SD tersebut dikenalkan dengan area produksi yang berada tidak jauh dari area waduk Mukakuning.

Secara bergantian, siswa dibagi per masing masing kelas, semangat anak-anak dapat melihat proses demi proses tahapan pengolahan air. Mereka diperkenalkan tahap demi tahap serta cara kerja masing-masing bagian mulai dari area aerator, sedimentasi hingga proses filtrasi. 

"Anak-anak inilah tempat proses produksi air yang ada di IPA Mukakuning, beberapa bangunan ini masing-masing memiliki fungsinya sendiri-sendiri dan bagian dari tahap prosesnya tadi. Setelah diproduksi dari sini, air akan dikirim ke pelanggan yang ada di wilayah Batu Aji dan sekitarnya," lanjut Nana.

Beberapa anak yang berkesempatan berkunjung juga dapat memahami proses pengolahan air. Meski tidak terlalu ditail, mereka bisa mendapatkan gambaran umum bagaimana ATB mengolah air bersih untuk warga Batam.

"Nantinya setelah mendapatkan informasi dari Bapak-bapak di ATB nanti kalian bisa berbagi dengan teman-teman lain di sekolah ataupun dilingkungan rumah," jelas Guru pendamping.

Tak lupa anak-anak juga diperkenalkan dengan maskot ATB yakni Blu-blu. Melalui video singkat, anak-anak mendapatkan informasi tambahan tentang air dan juga ATB. Serta informasi edukasi tentang pentingnya menghemat pemakaian air bersih yang ada di Batam.

Agenda field trip yang masuk dalam kalender akademik sekolah tersebut, memilih ATB sebagai lokasi studi pembelajaran tentang lingkungan khususnya air bersih. Mengingat air jadi bagian penting untuk selalu di jaga dan dimanfaatkan sesuai keperluan. (Corporate Communication ATB / Yusuf Riadi)


Copyright © 2016 Adhya Tirta Batam. All Rights Reserved. Situs didesain oleh Internal Developer PT. Adhya Tirta Batam