Wed, 26 Sep 2018
Selamat Datang di Website PT. Adhya Tirta Batam (ATB)
Layanan ATB Mobile hadir di GOR Bandara, Lap Bola Tanjung Uma, Pasar BBC Dapur 12, pasar Fanindo Tanjung Uncang.
ATB Raih TOP Perusahaan Air Minum Terbaik dan TOP CEO Perusahaan Air Minum Terbaik dari TOP BUMD 2018.
Pembayaran tagihan air ATB bisa dilakukan di Indomaret serta Bank Bukopin
Bayarlah tagihan anda sebelum tanggal 20 setiap bulannya agar terhindar dari denda keterlambatan dan penghentian aliran air bersih.

Info Grafis

Satu Pohon Satu Harapan, Selamatkan Sumber Daya Air

Dipublikasikan Pada : 27-AUG-2018 09:45:23,   Dibaca : 117 kali

Sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports, meneliti tentang korelasi antara penanaman pohon dengan ketersediaan air.

Seringkali penelitian membalikkan pandangan umum dan dalam kenyataannya, menawarkan harapan untuk memperbaiki khidupan ratusan juta penduduk dunia.
 
Pada area yang gersang dimana tidak ditemukannya sumber daya air yang memadai, menanam pohon acap kali diragukan efektifitasnya dalam memberikan manfaat untuk ketersediaan air. Padahal para ilmuwan telah menemukan bahwa ketika sejumlah pohon tumbuh, maka jumlah resapan air tanah akan lebih maksimal.
 
Batam merupakan daerah tropis dan hanya mengandalkan waduk tadah hujan sebagai sumber daya air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Keterbatasan jumlah air baku akibat perubahan iklim, membuat PT Adhya Tirta Batam (ATB) mencanangkan program penanaman pohon sejak 2011 silam di area-area tangkapan air.
 
Selama rentang waktu delapan tahun, ATB telah memberikan kontribusi penanaman lebih dari 10.000 bibit pohon untuk membantu proses resapan air tanah.

Perkembangan kota Batam mengakibatkan pertambahan jumlah penduduk, meningkatnya kebutuhan sektor bisnis dan industri serta rumah tangga membuat permintaan air bersih mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun.
 
"Sebagai masyarakat urban yang tinggal kawasan industri, ATB memberikan wadah untuk kita dapat menanam pohon di daerah tangkapan air melalui program Festival Hijau yang bekerja sama dengan BP Batam. Satu pohon yang kita tanam, sama dengan menanam satu harapan untuk memastikan ketersediaan sumber daya air. Dampaknya mungkin belum kita rasakan sekarang namun ini sebuah investasi tak ternilai untuk generasi mendatang," jelas Maria Jacobus, Head of Corporate Secretary ATB, Senin (27/8).
 
Sebagai perusahaan air terpercaya di Indonesia, orientasi bisnis ATB tidak semata berkisar pada profit saja. Namun ATB juga sangat memperhatikan persoalan dan isu krusial dalam kehidupan masyarakat kota Batam yang berkaitan dengan kelestarian lingkungan dan sumber daya air. Menanam pohon sendiri, bisa dilakukan oleh semua kalangan mulai dari anak-anak, ibu rumah tangga, tokoh masyarakat, para pelajar hingga pekerja.
 
Aksi nyata ATB dengan melakukan penghijauan di daerah tangkapan air merupakan komitmen ATB untuk memastikan sumber daya air terjaga secara berkelanjutan. Penanaman pohon mampu mengurangi dampak perubahan iklim, menjaga ketersediaan air serta menjadi wilayah serapan air yang mampu menjaga tanah dari kekeringan.

Selain itu, menanam pohon juga dimaksudkan untuk mendukung upaya pemerintah dalam menjaga dan melestarikan bumi dari berbagai efek pemanasan global yang selama ini telah terjadi. (Corporate Secretary)


Copyright © 2016 Adhya Tirta Batam. All Rights Reserved. Situs didesain oleh Internal Developer PT. Adhya Tirta Batam