Adhya Tirta Batam Official Website
 
Wed, 03 Mar 2021
Selamat Datang di Website PT. Adhya Tirta Batam (ATB)
Sumber Air Baku di Batam Terbatas, Gunakan Air Seperlunya Bukan Secukupnya.

Info Grafis

Ingin Capai Efisiensi SDM, Puluhan PDAM Padati Webinar ZoomBA

Dipublikasikan Pada : 03-FEB-2021 15:43:12,   Dibaca : 271 kali

BATAM - Puluhan PDAM dari berbagai wilayah di indonesia antusias belajar mengenai efisiensi
SDM untuk peningkatan produktifitas karyawan melalui Zoom Bersama ATB (ZoomBA), Selasa (2/2/2021).

Peserta aktif mendalami cara ATB berhasil meningkatkan efisiensi hingga ke level tertinggi.
Kasubag Perencanaan Teknik PDAM Kabupaten Kupang, Tris Mesano Talahatu, mengatakan, ATB telah mencatatkan pencapaian yang luar biasa dalam hal efisiensi karyawan.

Dimana hanya dibutuhkan 1,98 karyawan untuk melayani 1.000 pelanggan. Padahal, rasio ideal yang ditetapkan pemerintah untuk perusahaan air minum adalah empat karyawan untuk 1.000 pelanggan.

Sementara di sisi lain, mayoritas PDAM di Indonesia belum mampu mencapai angka ideal tersebut. Rasio karyawan PDAM Kabupaten Kupang sendiri masih 9,7 per seribu pelanggan. Karena ada sekitar 223 pegawai melayani 23.000 pelanggan.

"Beban operasional pegawai perbulan sangat besar. Kami ingin belajar, bagaimana cara mencapai perbandingan yang ideal tenaga Teknik dan Non Teknik," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi dari PERUMDAM Bintang Bano, Syahruddin mengungkapkan, banyak PDAM kecil kesulitan untuk meningkatkan efisiensi SDM karena terkendala biaya. Padahal, jika berhasil melakukan efisiensi SDM, maka PDAM tersebut akan jauh lebih mudah bergerak.

"Kami ingin tahu, apa yang dilakukan ATB untuk meningkat efisiensi SDM sehingga menjadi perusahaan yang luar biasa di bidang air minum?," imbuhnya.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut dijawab langsung oleh Human Capital Manager ATB, Robertus Sudarsono, yang menjadi narasumber dalam Webinar ZoomBA bertajuk "Strategi Manajemen: Efisiensi SDM Untuk Peningkatan Produktivitas Perusahaan".

Sudarsono mengatakan, ATB menemukan formulasi yang tepat dalam penerapan efisiensi SDM memang bukan hal mudah. Karena efisiensi SDM tak hanya terkait pengaturan jumlah tenaga kerja pada tiap bagian, namun juga meliputi seluruh aspek yang ada dalam suatu usaha.

Karena itu, berbagai riset telah banyak dilakukan untuk mencari rumusan yang tepat. Namun, walaupun rasio SDM di ATB sangat efisien, namun tetap mampu memberikan pelayanan paling optimal selama beroerasi di Batam.

"Walaupun efisien, namun Karyawan tetap bekerja sesuai dengan beban pekerjaannya. Tidak ada karyawan yang harus bekerja melebihi kapasitas," jelasnya.

Webinar ZoomBA yang eksklusif untuk 80 orang peserta ini diikuti oleh Pimpinan Perusahaan, Manager, Supervisor dan Staff bidang Human Resources, General Affairs, Industrial Relations, Perencanaan & Pengembangan SDM, Personalia, Employee Relations, Welfare, Kepegawaian, Training & Human Development serta para praktisi dan akademisi yang tertarik dalam bidang Human Resources and Relations. (Media Relation ATB)



Copyright © 2016 Adhya Tirta Batam. All Rights Reserved. Situs didesain oleh Internal Developer PT. Adhya Tirta Batam