Adhya Tirta Batam Official Website
 
Mon, 12 Apr 2021
Selamat Datang di Website PT. Adhya Tirta Batam (ATB)
SPARTA Smart Solution ATB, solusi pengelolaan air profesional

Info Grafis

Sebut Terbaik di Indonesia, Dirjen SDA Akui Keunggulan ATB

Dipublikasikan Pada : 12-MAR-2021 14:05:28,   Dibaca : 415 kali

BATAM - Direktur Jenderal (Dirjen) Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jarot Widyoko, mengakui keunggulan PT Adhya Tirta Batam (ATB) dalam hal pengelolaan air bersih.
 
Kekaguman Jarot kepada ATB diungkapkannya saat menulis kata sambutan untuk buku "Kopi Benny 2" yang akan segera terbit dalam beberapa waktu kedepan. Jarot menyebut ATB sebagai perusahaan air minum terbaik di Indonesia.
 
"Saat ini PT Adhya Tirta Batam (ATB) merupakan perusahaan air minum terbaik yang telah mendapat pengakuan dari berbagai pihak yang kredibel," tulis Jarot.
 
Jarot mengatakan bahwa keunggulan ATB sebagai perusahaan air bersih terbaik Indonesia dapat dilihat dari rekam jejak perusahaan. Bahkan telah mendapat anugerah SNI Platinum Award dua kali berturut-turut dari Badan Standardisasi Nasional (BSN).
 
"Secara faktual, ATB juga terbukti mampu membantu menyelamatkan ketersediaan air di Batam, yang notabene hanya hidup dari curah hujan," katanya.
 
Menurut Jarot, pengelolaan ketersediaan air di sisi hilir, terutama untuk kebutuhan pokok, merupakan hal yang perlu dikelola dengan baik. Dengan demikian, efektifitas penggunaan air baku untuk kebutuhan masyarakat dapat dikelola secara efektif dan efisien.
 
ATB telah membuktikan diri mampu melakukan pengelolaan air bersih secara optimal, terutama di sisi hilir. Dimana perusahaan mampu menekan angka kebocoran hingga 14 persen, tanpa mengganggu jangkauan area pelayanan dan kontinuitas suplai.
 
Seperti diketahui, jangkauan area pelayanan ATB saat beroperasi di Batam mencapai 99,7 persen dengan kontinyuitas suplai mencapai 23,7 jam.
 
Jarot mengungkapkan, semua prestasi tersebut dapat dicapai karena ATB memiliki keunggulan di sisi teknologi. Dimana ATB memiliki SPARTA Smart Solution yang telah mendapat Paten dari Kementerian Hukum dan HAM RI.
 
Dia berharap SPARTA Smart Solution dapat diaplikasikan untuk seluruh perusahaan air minum di Indonesia, sehingga sesuai dengan RPJMN pelayanan air di Indonesia dapat sesuai target 100% pada tahun 2030.
 
"Pengelolaan air yang efisien merupakan sebuah keharusan," tuturnya.
 
Head of Corporate Secretary ATB, Maria Jacobus, Jumat (12/3/2021) mengatakan, ATB merupakan perusahaan yang berkomitmen untuk meberikan layanan air bersih terbaik. ATB telah berhasil memberi komitmen dengan membawa Batam sebagai kota dengan pelayanan air terbaik di Indonesia.
 
Dengan keunggulan-keunggulan yang dimilikinya, ATB ingin menjangkau Indonesia, agar layanan air menjadi lebih baik. Sejauh ini, sudah ada beberapa daerah yang tertarik menjalin kerjasama dengan ATB.
 
Beberapa diantaranya adalah Perumdam Tirta Kepri, Tanjung Pinang yang melayani kebutuhan air di Ibukota Provinsi Kepri. ATB telah turun langsung untuk melakukan tinjauan lapangan sebelum merumuskan solusi peningkatan kualitas layanan air bersih di sana.
 
ATB juga sudah mengirimkan tim khusus untuk mengasistensi Adhya Tirta Sriwijaya di kota Palembang. ATB akan memastikan, sistem manajemen mutu yang diterapkan di perusahaan tersebut menjadi sama dengan ATB, sehingga pelayanan air bersih menjadi jauh lebih baik.
 
Terbaru, ATB juga telah melakukan komunikasi intensif dengan PDAM Tirta Wening kota Bandung, dan PDAM Tirta Wijaya, Cilacap. Keduanya "curhat" ke ATB terkait masalah-masalah yang tengah mereka hadapi dalam mengelola Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di wilayahnya.
 
"Kami akan bantu mereka untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut," jelas Maria.
 
Sementara daerah lain berlomba untuk mendapatkan ATB, bagaimana dengan Batam?
Maria menegaskan, ATB tidak akan meninggalkan Batam. Pihaknya akan turut berpartisipasi dalam lelang pengelolaan SPAM yang akan dibuka pada pertengahan Maret 2021 ini.
 
"Masak kami melebarkan sayap ke Indonesia, namun meninggalkan Batam. Batam tetap mendapat perhatian dari ATB," ujarnya. (Media Relation ATB)



Copyright © 2016 Adhya Tirta Batam. All Rights Reserved. Situs didesain oleh Internal Developer PT. Adhya Tirta Batam