Adhya Tirta Batam Official Website

Ada Grup ATB di SPAM Umbulan Yang Baru Diresmikan Jokowi, Ini Yang Akan Dilakukan ATB

Artikel ini diambil dari www.atbbatam.com
Dipublikasikan Pada : 22-MAR-2021 16:10:11,   Dibaca : 4900 kali
BATAM - Presiden Joko Widodo akhirnya meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan, Kabupaten Pasuruan, Senin (22/3). Ternyata, ada andil perusahaan yang berdiri di bawah bendera yang sama dengan ATB dalam terealisasinya SPAM berkapasitas 4.000 liter perdetik ini.
 
SPAM Regional Umbulan ini ternyata dibangun melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan PT Meta Adhya Tirta Umbulan, salah satu anak perusahaan Bangun Cipta Group, yang merupakan induk perusahaan ATB.
 
Perusahaan ini mampu merealisasikan proyek impian yang telah mangkrak sejak tahun 1973 tersebut. Dibangun dengan investasi Rp 2,05 triliun dan diproyeksi mampu melayani 310.000 sambungan rumah atau 1,3 juta orang di Jawa Timur.
 
Projek prestisius tersebut diharapkan dapat berfungsi optimal dalam pemenuhan kebutuhan air bersih di lima daerah. Yakni Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Kota Surabaya, Kabupaten Gresik dan Kabupaten Sidoarjo.
 
Presiden Joko Widodo meminta seluruh Bupati, Wali Kota, dan Gubernur yang kawasannya mendapatkan aliran air dari SPAM Umbulan melakukan koordinasi dengan Kementerian PUPR dan PT Meta Adhya Tirta Umbulan untuk mengatur pihak-pihak yang bertanggung jawab agar air dari SPAM Umbulan mengalir sampai ke rumah tangga.
 
Sebagai bagian dari grup yang sama, ATB telah berkomitmen untuk membantu PT Meta Adhya Tirta Umbulan, baik dari segi peningkatan kualitas sistem manajemen mutu dan pemanfaatan teknologi informasi dalam operasinya.
 
Hal serupa telah dilakukan oleh ATB kepada perusahaan satu grupnya yang berada di Provinsi Sumatera Selatan, PT Adhya Tirta Sriwijaya.
 
"Bicara teknologi, ATB masih yang paling unggul dengan adanya SPARTA Smart Solution. Jika dibutuhkan, teknologi ini dapat diaplikasikan di PT Meta Adhya Tirta Umbulan," ujar Head of Corporate Secretary ATB, Maria Jacobus.
 
Teknologi SPARTA Smart Solution telah terbukti kualitasnya. Berbekal teknologi ini, ditambah sistem manajemen mutu yang andal, ATB berhasil mengantarkan Batam menjadi kota dengan layanan air bersih terbaik di Indonesia.
 
"Kami akan menularkan keunggulan ini ke PT Meta Adhya Tirta Umbulan. Tim di ATB siap membantu peningkatan kualitas layanan air bersih di sana," ujar Maria.
 
Selain Umbulan, ATB juga sedang aktif berkomunikasi untuk peningkatan kualitas pelayanan SPAM di beberapa daerah, seperti Tanjungpinang, Bandung, Cilacap, Pekanbaru, Palembang dan beberapa daerah lainnya.
 
Sementara sibuk di beberapa daerah lainnya, lalu apakah bagaimana dengan di Batam?
 
Maria menegaskan, ATB tetap akan memberikan perhatian khusus untuk Batam. Pihaknya akan turut berpartisipasi dalam lelang pengelolaan SPAM.
 
"Masak kami melebarkan sayap ke Indonesia, namun meninggalkan Batam. Batam tetap mendapat perhatian dari ATB," ujarnya.(Media Relation ATB)

* Sumber Foto: Laily Rachev - BPMI Setpres