Adhya Tirta Batam Official Website
 
Thu, 18 Apr 2024
Selamat Datang di Website PT. Adhya Tirta Batam (ATB)
SPARTA Smart Solution ATB, solusi pengelolaan air profesional

Info Grafis

Bantuan Mustahiq ATB, Ringankan Beban Dhina

Dipublikasikan Pada : 07-FEB-2018 15:37:37,   Dibaca : 2591 kali

# Program CSR ATB Peduli Sosial

Keceriaan gadis kecil berusia lima tahun ini, kadang terusik. Dhina Cantika Kumala, tidak bisa riang bebas bermain maupun datang ke sekolah seperti anak-anak seusianya.

Dhina lebih banyak menghabiskan waktu berbaring dipangkuan Ibunya. Terkadang air matanya tak mampu terbendung, saat tidak bisa lagi menahan rasa sakit yang sedang ia alami. Dhina divonis dokter mengalami penyakit tumor mata sejak usia sembilan bulan.

"Kadang kami tak sanggup menyiapkan obat untuk Dhina. Obatnya cukup mahal, ada yang sampai seharga Rp 400.000,- untuk satu jenis obat saja," jelas Frisca, Ibunda Dhina saat dijumpai di rumahnya Pancur Tower II RT 004 RW 011 Sei Beduk, akhir tahun 2017. 

Tumor mata yang dialami Dhina, berawal saat usianya sembilan bulan. Awalnya sudah tampak keanehan pada mata Dhina, usai bermain-main di sekitaran rumah. Melihat kondisi mata Dhina yang semakin lama makin membengkak, kekhawatiran kedua orang tuanya mulai muncul.

"Karena matanya semakin membengkak kami membawa Dhina untuk diperiksa ke RS Elisabeth Batam Kota. Dari hasil pemeriksaan dokter, Dhina mengalami tumor mata yang mengenai saluran air matanya. Sehingga, terjadi pembengkakkan pada matanya," jelas Frisca.

Jalan satu-satunya penanganan Dhina adalah dilakukan operasi, guna melancarkan saluran air mata, agar tidak terjadi penyumbatan. Setelah berusia lima tahun, Dhina dirujuk ke RSCM Jakarta untuk dioperasi.

"Rencananya operasi kedua itu akan dilakukan pengangkatan tumor yang ada di mata Dhina, pada Desember 2017 kemarin. Namun, kami tidak memiliki biaya untuk sehari-hari selama di RSCM. Jadi, kami mengurungkan niat untuk berangkat," ujar Frisca.
      
Setiap bulannya ATB memberikan bantuan berupa uang tunai kepada warga Batam, yang mengalami penyakit berkategori berat. Hal ini bertujuan untuk meringankan biaya pengobatan yang selama ini telah dijalani.

Mewakili keluarga, Frisca cukup tersentuh dengan adanya program bantuan dari ATB. Dengan kondisi ekonomi yang pas-pasan, bantuan ini bisa meringankan beban untuk proses kesembuhan Dhina.

"Terimakasih banyak kami sampaikan kepada tim ATB yang sudah membantu kami, semoga bisa bermanfaat bagi kami untuk kesembuhan anak kami," jelas Frisca.

Program yang sudah ada sejak 2011 hingga saat ini, ATB sudah menyalurkan bantuan untuk ratusan orang yang mengalami berbagai gangguan kesehatan dengan kriteria penyakit berat.

"Sepanjang 2017, ATB sudah menyerahkan bantuan mustahiq kepada 17 warga Batam. Selama penyelenggaraan CSR  ATB Peduli Sosial dalam program kegiatan bantuan mustahiq ini, ATB telah menyerahkan sebanyak 179 bantuan mustahiq," ujar Enriqo Moreno, Corporate Communication Manager ATB.

Kegiatan CSR ATB ini bekerjasama dengan pihak rumah sakit yang ada di Kota Batam, untuk mendapatkan data-data dan informasi. Rumah sakit akan merekomendasikan pasien kurang mampu serta menderita sakit berat untuk diseleksi dan disurvei, untuk bisa mendapatkan sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh ATB.

Kriteria sakit berat dan persyaratan yang harus dilengkapi adalah segala jenis kanker, segala jenis tumor, serta kelainan sejak lahir pada bayi dan sakit berat jenis lainnya.

Sementara untuk persyaratan yang harus dilengkapi adalah surat keterangan tidak mampu yang dikeluarkan oleh kelurahan setempat. Fotocopy rekam medis pasien dari rumah sakit, surat permohonan bantuan yang ditujukan kepada pimpinan ATB, lengkap dengan nama pasien, sakit yang diderita, serta alamat rumah, dan nomor HP yang dapat dihubungi.

Selain itu melengkapi fotocopy KTP, fotocopy kartu keluarga, fotocopy akte lahir/surat keterangan lahir apabila pasien masih di bawah umur 18 tahun. Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi tim ATB, saudara Ronny Albarkah, dengan nomor handphone 08116910081.(Corporate Communication Yusuf/Imelda)    



Copyright © 2016 Adhya Tirta Batam. All Rights Reserved. Situs didesain oleh Internal Developer PT. Adhya Tirta Batam