Wed, 26 Jun 2019
Selamat Datang di Website PT. Adhya Tirta Batam (ATB)
Jajaran direksi, manajemen dan seluruh karyawan PT ATB mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa ramadan 1440 Hijriah.
Level Air Waduk Sei Harapan Membaik, Water Rationing Berakhir Pada Awal Juni
Pembayaran tagihan air ATB bisa dilakukan di Alfamart, Indomaret serta Bank Bukopin
Layanan ATB Mobile hadir di Pasar Mega Legenda, pasar Sei Harapan, Pasar BBC Dapur 12, pasar Fanindo Tanjung Uncang.
Bayarlah tagihan anda sebelum tanggal 20 setiap bulannya agar terhindar dari denda keterlambatan dan penghentian aliran air bersih.

Info Grafis

Lab Kalibrasi ATB Miliki Standar Internasional

Dipublikasikan Pada : 17-DEC-2018 12:28:46,   Dibaca : 835 kali

Sebagai operator air kelas dunia, ATB mampu menunjukan eksistensinya dari berbagai hal. ATB mengelola air bersih bagi penduduk Batam, jadi percontohan banyak perusahaan air di Indonesia. Tidak hanya dari sisi teknis, transparansi pelayanan berjalan dengan baik.

Berbagai bidang dan kategori di level nasional di peroleh ATB, yang terbaru ATB mendapatkan SNI ISO/IEC 17025:2017 untuk laboratorium kalibrasi meter. Lab kalibrasi meter ATB mendapat pengakuan Sistem Manajemen Laboratorium (SML) sesuai standar internasional.

"Ini murni dari komitmen pimpinan ATB untuk memastikan proses maupun hasil lab kalibrasi  memenuhi standar yang dipersyaratkan. Lab kalibrasi ATB memperoleh SNI ISO/IEC 17025:2017 yang merupakan versi terbaru," jelas Maria Jacobus, Head of Corporate Secretary ATB, Jumat (14/12).

Maria melanjutkan, sertifikasi ini adalah bentuk bukti legal bahwa lab ATB diakui melalui hasil penilaian audit Komite Akreditasi Nasional (KAN) dari Badan Standarisasi Nasional (BSN). Memperoleh upgrade lanjutan ISO/IEC 17025:2017 menjadikan proses operasional laboratorum kalibrasi ATB akan lebih efektif dan efisien.

"ISO/IEC 17025:2017 ini jadi bagian penting yang harus dipenuhi, sekaligus memberikan jaminan bahwa ATB memiliki laboratorium kalibrasi yang telah diakui dan akurat secara internasional, untuk meter air yang digunakan pelanggan. Begitu juga untuk metode kalibrasi dan hasil kalibrasi tertelusur ke standar internasional" ujar Maria.

Secara pencapaian sertifikasi ISO/IEC 17025:2017 tidak di dapat dengan mudah. ATB yang sebelumnya telah mendapatkan SNI ISO/IEC 17025:2008  melakukan beberapa rangkaian proses audit lanjutan. Dorongan ini juga diperkuat oleh kewajiban yang telah ditentukan KAN bagi lab yang sudah terakreditasi untuk segera melakukan upgrading.

"Hasil dari audit pada November lalu Laboratorium Kalibrasi kita dinyatakan memenuhi syarat untuk mendapatkan SNI ISO/IEC 17025:2017. Keberhasilan ATB memanuhi syarat tidak lepas dari kerja keras semua tim lab kalibrasi," ucapnya.

Selain itu, persyaratan baru dalam penerapan IISO/IEC 17025:2017 juga mensyaratkan ketidakberpihakkan dan kerahasiaan terhadap perusahaan. Kondisi ini jadi tantangan bagi tim yang ada di lab kalibrasi ATB untuk melakukan kajian secara komprhensif.

"Melalui sertifikasi ISO/IEC 17025:2017 ini juga menentukan resiko dan peluang apa yang mempengaruhi lab kalibrasi mulai dari kepala lab, supervisor maupun manajemen. Kevalidasian hasil pengujian termasuk kerahasiaan terkait dengan hasil kalibrasi meter yang kita punya," jelas Maria.

Mendapat pengakuan teregister di KAN, sertifikasi lab kalibrasi ATB berdampak positif pada reputasi perusahaan. Beberapa parameter yang telah melalui masa audit berkontribusi untuk penilaian pencapaian yang di terima ATB, yang terbaru ATB mendapat penghargaan Platinum di SNI Award 2018.

Pada sisi lain manfaat sertifikasi lab kalibrasi ATB tentunya akan dirasakan pelanggan. Penggunaan meter air yang telah melalui proses lab kalibrasi, akan memberikan hasil yang akurat. Hal ini akan berpengaruh kepada tingkat kepercayaan pelanggan pada pelayanan ATB. Kalibrasi sendiri bagi ATB merupakan sebuah investasi dalam memberikan service excellence kepada pelanggan.

"Secara performa Lab Kalibrasi ATB sudah memenuhi syarat yang ditentukan, jadi sebuah jamian kepada pelanggan, pembacaaan meter pelanggan jadi lebih akurat," ucap Maria.

Sertifikasi ISO yang di peroleh ATB merupakan sebuah fenomena yang menggembirakan, mengingat ISO/IEC 17025:2017 merupakan sebuah standar yang diakui secara internasional. Hasil kalibrasi yang dilakukan oleh laboratorium ATB yang telah memiliki sertifikasi ISO/IEC 17025 dapat dengan mudah diakui oleh berbagai pihak diseluruh dunia. (Corporate Secretary)


Copyright © 2016 Adhya Tirta Batam. All Rights Reserved. Situs didesain oleh Internal Developer PT. Adhya Tirta Batam