Adhya Tirta Batam Official Website
 
Tue, 16 Apr 2024
Selamat Datang di Website PT. Adhya Tirta Batam (ATB)
SPARTA Smart Solution ATB, solusi pengelolaan air profesional

Info Grafis

Kesulitan Kelola Inventory, Puluhan PDAM Konsultasi di ZoomBA ATB

Dipublikasikan Pada : 13-JAN-2021 17:12:53,   Dibaca : 1766 kali

BATAM - Manajemen persediaan (Inventory) menjadi tantangan tersendiri di sejumlah perusahaan, terutama PDAM di Indonesia. Tidak tersedianya sistem yang terintegrasi membuat pengendalian terhadap persediaan tidak dapat dilakukan secara efektif dan efisien.
 
Manajemen inventory atau manajemen persediaan merupakan urat nadi sebuah perusahaan. Sebuah perusahaan tidak akan pernah lepas dari perencanaan dan pengendalian persediaan. Sayangnya, masih banyak perusahaan, terutama PDAM masih berkutat dengan masalah persediaan.
 
Beberapa permasalahan yang kerap ditemukan adalah sulitnya mengidentifikasi persediaan jenis barang tertentu di sejumlah gudang cabang yang dimiliki perusahaan. Hal ini dapat disebabkan tidak jelasnya pencatatan barang yang keluar   masuk   gudang.  
 
Permasalahan   lainnya   adalah   seringnya terjadi keterlambatan  dalam  proses  pengadaan  barang  sehingga  mengakibatkan  kehabisan stock.  Hal ini dapat terjadi karena tidak jelasnya safety stock yang dapat dijadikan sebagai dasar kapan harus dilakukan pemesanan barang  kembali.
 
"Tidak  adanya  sistem  pengkodean  barang  yang  baik  juga  menyebabkan timbulnya  masalah," ujar Head of Corporate Secretary ATB, Maria Jacobus.
 
Oleh   karena   itu,   diperlukan   suatu   perancangan   sistem   informasi   manajemen inventory   untuk   mengatasi   masalah-masalah   tersebut. Perancangan   sistem   informasi manajemen persediaan mutlak harus dilakukan
 
PT Adhya Tirta Batam (ATB) sebagai  Smart Water Company di Indonesia akan membagi kiat terbaik dalam pengelolaan inventory berbasis teknologi melalui Webinar ZoomBA, Selasa, 12 Januari 2021, pada pukul 14.00 WIB.
 
Webinar yang menghadirkan Procurement Manager ATB, Yuli Maryati, ZoomBA mengangkat tema "Manajemen Pengelolaan Inventory Berbasis Teknologi untuk Efisiensi Perusahaan".
 
"Eksklusif untuk 80 orang peserta. Namun yang mendaftar mencapai ratusan orang," ujar Maria.
 
Yuli Maryati akan menjelaskan mengenai manajemen inventory berbasis teknologi sistem ERP (Enterprise Resource Planning) yang telah dikembangkan oleh ATB.
 
Teknologi ini membantu menyediakan informasi dari semua aspek, terutama memberikan data real-time dan data historis yang akurat mengenai stok persediaan. ERP yang merupakan bagian dari Sparta Smart Solution ini juga mampu memprediksi kebutuhan stock secara optimal.
 
"Dengan demikian, perusahaan dapat menjamin lancarnya proses produksi dan operasional perusahaan karena persediaan yang dikelola secara optimal," tuturnya.
 
ZoomBA merupakan sarana ATB untuk berbagi kiat sukses mengelola perusahaan dengan mengedepankan inovasi teknologi. Saat ini ZoomBA telah mencapai episode ke 11, dan telah membahas berbagai hal terkait manajemen pengelolaan yang terbukti berhasil diimplementasikan di sebuah perusahaan kelas SNI Platinum.
 
Selain membahas manajemen persediaan, ZoomBA juga menyediakan sesi khusus untuk membahas seputar management system, technical services dan communication services. Perusahaan yang ingin mendapatkan sharing dan bimbingan khusus dari tim profesional ZoomBAdapat mengunjungi website https://zoomba.atbbatam.com. (Media Relation ATB)


Copyright © 2016 Adhya Tirta Batam. All Rights Reserved. Situs didesain oleh Internal Developer PT. Adhya Tirta Batam