Adhya Tirta Batam Official Website

Begini Caranya Mencegah Terjadinya Lonjakan Tagihan Air di Rumah Anda

Artikel ini diambil dari www.atbbatam.com
Dipublikasikan Pada : 22-MAY-2017 09:34:14,   Dibaca : 6806 kali
BATAM - Setiap bulannya, pelanggan akan diberikan tagihan sesuai dengan jumlah air yang digunakan.

Namun terkadang tagihan air yang diterima bisa membengkak oleh karena beberapa faktor yang disengaja maupun tidak disengaja. Untuk itu, beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya lonjakan air sebagai berikut;

1. Cek Kebocoran
Setiap air yang mengalir, baik yang digunakan dengan sepengetahuan Anda maupun tidak diketahui, akan tercatat pada meteran air yang telah dipasang di rumah.
Anda pun harus tetap membayar air yang yang bocor tersebut, walau tak digunakan sama sekali. Oleh karena itu, lakukanlah pemeriksaan keran, pipa, dan saluran air lainnya di rumah secara rutin.

2. Hemat Air
Langkah penghematan air di rumah bisa dilakukan dengan cara berbagai cara, dimulai dari cara yang mudah. Misalnya, tidak membiarkan keran tetap mengalir ketika tengah menggosok gigi atau mencuci piring dengan sabun.
Dengan melakukan hal tersebut, tiap orang di rumah Anda dapat mengurangi pemaikaian air hingga 4 liter per menitnya.
Membatasi waktu mandi dan menggunakan shower atau pancuran juga sangat membantu mengurangi pemakaian secara signifikan.

Lalu, jangan membuang benda-benda seperti kertas, tisu, bekas pembalut ke dalam kloset karena membutuhkan air yang cukup banyak untuk mendorong sampah tersebut masuk ke dalam saluran.

3. Gunakan Penampungan Air
Cara ini bisa Anda lakukan terutama di tengah musim hujan seperti ini. Taruh ember atau wadah-wadah lainnya di luar rumah.
Anda bisa menyimpannya dan menggunakannya untuk menyiram tanaman ketika hari tengah kering. Jangan lupa tutup ember atau wadah tersebut agar tidak menjadi sarang nyamuk untuk bertelur.
Air tersebut juga bisa Anda manfaatkan untuk mencuci motor atau mobil Anda. Namun, jangan langsung pakai air tersebut melainkan endapkan dulu agar pasir-pasirnya tidak ikut terbawa dan menggores bagian bodi kendaraan Anda.
Sebagai informasi, mencuci mobil kira-kira akan menghabiskan 150 liter air.

4. Efisien
Salah satu cara mengefisiensikan pemakaian air adalah mengetahui waktu-waktu yang tepat untuk menyiram tanaman.
Jangan menyiram tanaman di siang hari karena panas dari matahari akan membuat air cepat menguap. Jangan pula menyiram halaman secara berlebihan serta menyirami lebih cepat dari kemampuan tanah untuk menyerap air.

5. Kalibrasi
Ketika Anda telah mencatat penggunaan air dengan seksama namun tagihan Anda tetap membengkak, ada baiknya Anda dapat meminta pengecekan ke ATB untuk melakukan penyesuaian jumlah air yang keluar dengan laju pergerakan angka pada meteran (kalibrasi).
Dengan begitu, Anda akan mengetahui jika ada kesalahan yang terjadi atau terjadi kebocoran pada rumah Anda.(Corporate Communication ATB/Iman Suryanto)