Adhya Tirta Batam Official Website

Restorasi Ekosistem, Peran Besar ATB untuk Lingkungan Hidup

Artikel ini diambil dari www.atbbatam.com
Dipublikasikan Pada : 09-JUN-2021 09:47:18,   Dibaca : 969 kali
BATAM - Restorasi Ekosistem menjadi tema sentral perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2021 lalu. Tema ini diangkat untuk membangun kesadaran akan upaya pemulihan ekosistem yang telah rusak, serta melestarikan ekosistem yang masih utuh.

Kesadaran ini sendiri telah menjadi bagian dari PT Adhya Tirta Batam (ATB). Perusahaan air bersih terbaik di Indonesia ini telah melakukan upaya-upaya restorasi ekosistem secara sistematis sejak tahun 2010 silam. Salah satu program yang diinisiasi ATB adalah Festival Hijau.

Melalui program ini, ATB mengajak masyarakat Kota Batam untuk sama-sama melihat kondisi hutan, khususnya di Daerah Tangkapan Air (DTA). ATB percaya, dengan menyaksikan langsung kondisi hutan terkini, akan menimbulkan kesadaran kolektif terkait pentingnya upaya bersama untuk melestarikan hutan.

Tak hanya itu, ATB juga mengajak masyarakat yang turut dalam festival hijau untuk menanam pohon bersama-sama. Sampai sejauh ini, ATB telah menanam sekitar 11.700 pohon di DTA. Upaya ini dilakukan untuk pemulihan ekosistem yang telah rusak, serta melestarikan ekosistem yang masih utuh.

Selain itu, ATB juga menerapkan konsep ECO Office, yakni kantor peduli lingkungan yang telah mewujudkan penerapan sistem manajemen lingkungan dalam kegiatan perkantoran.

Tujuannya untuk menciptakan lingkungan kantor yang bersih, sehat dan nyaman serta meningkatkan efektifitas dan efisiensi pemakaian sumber daya alam.

Upaya edukasi berkelanjutan juga terus digalakan di berbagai program kegiatan. Mulai dari program edukasi melalui Duta Air Anak ATB, Festival Hijau yang mengajak masyarakat langsung menyaksikan sekaligus menanam pohon pada area resapan air, hingga program-program edukasi lainnya. (Media Relation ATB)