Adhya Tirta Batam Official Website
 
Tue, 27 Jul 2021
Selamat Datang di Website PT. Adhya Tirta Batam (ATB)
SPARTA Smart Solution ATB, solusi pengelolaan air profesional

Info Grafis

Ini Alasannya Lima Tahun Sekali ATB Ganti Meter Air Pelanggan

Dipublikasikan Pada : 24-AUG-2017 09:09:00,   Dibaca : 6049 kali

BATAM. Setiap lima tahun sekali, PT Adhya Tirta Batam (ATB) mengganti meter air yang ada di rumah pelanggan guna dilakukan tera ulang. Hal ini terbilang disengaja, guna memberikan perhitungan meter air yang terpercaya sekaligus pelayanan yang maksimal kepada pelanggan ATB.

Dan ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 2 tahun 1981 tentang Metrologi Legal dan PP nomor 2 tahun 1985 tentang wajib dan pembebasan untuk Ditera dan/atau Ditera ulang serta syarat-syarat bagi alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya.

Supervisor QHSE ATB, Arma Ismail mengatakan tera ulang meter air di rumah pelanggan terbilang wajib dan sebuah keharusan yang dilakukan oleh ATB guna meter air pelanggan tetap handal dalam melakukan pembacaan jumlah air yang digunakan.

"Begitu diambil dari rumah pelanggan, meter air tadi terlebih dahulu dilakukan pengecekan secara keseluruhan (fisik). Biasanya meter air yang memiliki angka diatas 1.500-2.000 meter kubik. Selanjutnya dipisahkan antara yang masih layak atau tidak. Jika masuk kategori kurang layak maka akan langsung di Scrap," jelasnya.

Sementara jika ada yang masih layak, tambahnya, maka akan secara langsung dilakukan kalibrasi dengan cara membongkar meter air tadi. Dan kembali dilakukan pengecekan di bagian dalam meter air.

Jika ada bagian-bagian yang rusak, maka akan diganti dengan yang baru.

"Namun dari ribuan meter air yang diambil dari rumah pelanggan untuk jangka setiap lima tahun sekali ini, mayoritas tidak terpakai kembali dan pelanggan akan mendapatkan meter air yang baru dari pabrik dan telah di tera ulang oleh Badan Metrologi," jelas Arma.

Meski terbilang masih baru dari pabrik, ATB selalu melakukan Pressure Test terlebih dahulu guna melihat apakah ada kebocoran ataupun malfungsi dari meter air tersebut sebelum dilakukan pemasangan kembali ke rumah pelanggan.

Lalu apakah mempengaruhi nomor pelanggan jika meter air pelanggan yang lama dicabut dan diganti dengan yang baru? Dengan tegas Arma mengatakan hal tersebut tidak akan berpengaruh.

Mengingat sebelum melakukan pencabutan meter air, tim ATB sudah terlebih dahulu meregistrasi meter air baru yang akan dipasang di rumah pelanggan. Sehingga secara otomatis ketika dilakukan penggantian, nomor pelanggan akan tetap meski nomor meter air akan berubah.

"Dengan sistem yang ada, tidak akan mempengaruhi tagihan pelanggan pada bulan berikutnya maupun tertukar. Karena setiap nomor pelanggan akan memiliki satu nomor meter air saja," jelasnya.(Corporate Communication ATB/Iman Suryanto)



Copyright © 2016 Adhya Tirta Batam. All Rights Reserved. Situs didesain oleh Internal Developer PT. Adhya Tirta Batam