Adhya Tirta Batam Official Website

Menuju PDAM Modern, Dengan SPARTA Smart Solution

Artikel ini diambil dari www.atbbatam.com
Dipublikasikan Pada : 27-APR-2021 16:13:36,   Dibaca : 2333 kali
BATAM - Citra perusahaan air modern dengan sistem yang stabil dan mapan sudah lekat dengan PT Adhya Tirta Batam (ATB). Perusahaan yang telah menerapkan revolusi industri 4.0 sejak tahun 2010 ini mampu melesat cepat dengan implementasi Smart Water Management System.

Penerapan sistem teknologi modern di perusahaan membuat ATB memiliki standar perusahaan air berkualitas. Berbekal SPARTA Smart Solution yang telah mengantongi Paten dari Kementerian Hukum dan HAM RI, kini ATB siap berkiprah di Indonesia.

"ATB adalah yang pertama sukses mengimplementasikan revolusi industry 4.0 di industri air bersih. Kini, keberhasilan itu akan bisa dinikmati oleh daerah lain di Indonesia," ungkap Head of Corporate Secretary ATB, Maria Jacobus Selasa (27/4/2021)

Perkembangan teknologi yang pesat di ATB berangkat dari kesadaran bahwa transformasi digital adalah kebutuhan untuk mengantisipasi perubahan masa depan. Salah satu caranya adalah menggunakan Internet of Things (IoT) untuk hampir semua proses.

Kebutuhan ini semakin mendesak, karena kebubutuhan air besih di Indonesia naik signifikan seiring dengan pertumbuhan populasi dan ekonomi. Namun di sisi lain, pertumbuhan tersebut tidak seiring dengan pertumbuhan sumber sumber air.

Seperti diketahui, 97 persen air di muka bumi ini adalah air laut. Hanya 3 persen yang berupa air tawar. Dari 3 persen itu, 2,5 persennya ada di dalam tanah dan sulit didapat, dan hanya 0,5 persen yang bisa kita gunakan langsung.

Indonesia sendiri memiliki cadangan air tawar sebesar 2.019 km yang menyebar di sejumlah daerah secara tidak merata. Sebagian besar berada di Indonesia bagian barat. Sementara Indonesia bagian Timur dan Selatan hanya memiliki cadangan air tawar yang sangat rendah.

Cadangan air tersebut harus dioptimalkan semaksimal mungkin. Karena itu, air yang ada harus digunakan secara efektif dan efisien, sehingga air tidak hilang percuma.

SPARTA Smart Solution milik ATB telah terbukti berhasil membantu perusahaan mengelola air bersih secara efisien, dari hulu hingga hilir. Hadirnya teknologi ini membuat ATB mampu menyulap kota Batam yang hanya berharap dari hujan, menjadi kota dengan layanan air terbaik di Indonesia.

"Tanpa inovasi, kita hanya akan jadi bagian dari masa lalu," ujar Maria.

Kini, ATB membuka diri untuk berbagi teknologi dengan seluruh PDAM di Indonesia, agar pelayanan air bersih di negeri ini dapat menjadi lebih baik. SPARTA Smart Solution dapat diimplementasikan untuk mengatasi kendala yang dialami oleh PDAM selama ini.

"Teknologi ini terdiri dari banyak modul yang dapat disesuaikan dengan kondisi PDAM. Jadi, jangan khawatir, karena SPARTA Smart Solution ini sangat fleksibel," tutur Maria. (Media Relation ATB)